Minggu, 11 Februari 2018

Cara Kirim Tulisan Ke BASABASI.CO



Seperti yang telah kita ketahui BASABASI.CO adalah tempat kongkow dan bercerita ini mengusung impian yang sangat muluk; dikenal luas, diperbincangkan, disegani, dan dicatat dalam kitab-kitab sejarah literasi Indonesia. Basabasi digagas dan dikelola oleh DIVA Press dan #KampusFiksi, diterbitkan dari Senin hingga Sabtu (kecuali hari libur nasional), menyajikan kolom celoteh (Senin), puisi (Selasa), hibernasi (Rabu), esai (Kamis), cerpen (Jumat), dan resensi (Sabtu) dari siapa pun yang karyanya lolos kurator tim basabasi.

Cara mengirim tulisan ke BASABASI.CO adalah sebagai berikut:

  1. Karya belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apa pun (cetak atau digital).
  2. Setiap naskah yang dimuat akan mendapatkan fee: cerpen Rp300.000; puisi Rp250.000; esai Rp300.000; rehal buku (resensi) Rp200.000; dan hibernasi (artikel ringan) Rp100.000.
  3. Bila dua bulan sejak pengiriman tidak dimuat atau tidak mendapatkan informasi akan dimuat maka otomatis naskah tersebut dinyatakan tidak lolos seleksi.
  4. Tema, gaya bercerita, aliran, eksplorasi, dan panjang cerpen bebas; diketik dalam 1.5 spasi, (margin 4 atas, 3 bawah, 4 kiri, 3 kanan). Dan puisi dikirim 5-10 puisi per pengiriman. Genre dan tema puisi bebas.
  5. Esai ilmiah, mendalam, teoritik-analitik, reflektif, dengan gaya bahasa dan penyajian ringan, tidak kaku seperti makalah atau skripsi. Minimal 3 halaman 1.5 spasi.
  6. Panjang resensi buku adalah 3-4 halaman, 1.5 spasi, wajib menyertakan cover buku, buku bisa dari penerbit mana pun, dan berumur terbit tidak lebih dari 6 bulan. Khusus untuk tulisan atas buku-buku terbitan DIVA Press Group akan mendapatkan tambahan reward (1 eks buku DIVA).
  7. Hibernasi berisi bahasan segala sesuatu yang kekinian, menjadi tren di media massa, hobi, film, musik, fashion, seni, dunia kreatif, pengalaman hidup, dan sebagainya. Disajikan dengan bahasa ringan (boleh agak liar), panjang 3-4 halaman, 1.5 spasi, boleh melengkapi dengan gambar sendiri dengan resolusi antara 800-1000 pixel.
  8. Tulisan dikirim ke email: gerobaknaskah@basabasi.co dengan subjek sesuai dengan jenis naskah (PUISI/CERPEN/ESAI/REHAL BUKU/HIBERNASI).
  9. Sertakan data diri; nama, alamat lengkap (untuk pengiriman kaus), nomor rekening, akun media sosial, foto pribadi, dan keterangan lain yang dirasa perlu (data diri diletakkan di halaman terakhir karyamu). Badan email biarkan kosong.
  10. Fee akan ditransfer paling lambat satu minggu setelah pemuatan. Biaya transfer antar bank (kecuali Bank Mandiri) ditanggung oleh penulis.
  11. Penulis boleh mengirimkan karya sebanyak-banyaknya dan boleh jadi akan sering dimuat jika lulus seleksi kurator jurnal ini.
  12. Setiap penulis yang karyanya dimuat akan mendapat 1 t-shirt basabasi. T-shirt tidak untuk karya kedua, ketiga, dan seterusnya.