Jumat, 16 Februari 2018

Seleksi Penulis Emerging Indonesia UWRF 2018 Telah Dibuka!


 -- www.ubudwritersfestival.com --


Yayasan Mudra Swari Saraswati, lembaga nirlaba yang menaungi Ubud Writers & Readers Festival (UWRF), dengan bangga mengumumkan bahwa Seleksi Penulis Emerging Indonesia untuk UWRF 2018 kembali dibuka. Seleksi ini adalah sebuah program Festival yang diadakan untuk menemukan calon-calon bintang sastra Indonesia.
Dari seleksi ini UWRF akan memilih hingga 15 Penulis Emerging Indonesia, yang kehadiran serta partisipasinya di Festival akan didanai sepenuhnya oleh UWRF. Pemilihan akan didasari pada sejumlah kriteria, termasuk kualitas karya, prestasi, dan konsistensi dalam berkarya, serta dedikasi pada pengembangan kesusastraan Indonesia. Seleksi sendiri akan dilakukan oleh tim UWRF dan Dewan Kurator yang beranggotakan penulis-penulis senior Indonesia. Nama-nama anggota Dewan Kurator akan dirahasiakan hingga pengumuman pemenang.
Seleksi yang ditujukan khusus untuk penulis berkewarganegaraan ini memiliki syarat dan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis adalah warga negara Indonesia.
  2. Tidak ada batasan umur untuk mengikuti seleksi ini.
  3. Menulis karya sastra, baik berupa puisi, prosa (cerpen, novel atau novelet), naskah drama maupun karya non-fiksi.
  4. Karya dapat berupa buku dan kumpulan naskah yang belum ataupun sudah pernah diterbitkan di media massa.
  5. Penulis yang sudah menerbitkan buku dapat mengirimkan beberapa buku karyanya.
  6. Bagi penulis yang belum menerbitkan buku dapat mengirimkan 30 karya puisi terbaik atau 8 karya cerpen terbaik, atau 5 karya essai, atau 3 naskah drama.
  7. Koresponden dan pengumuman seleksi akan dilakukan melalui email.
  8. Penulis yang mengikuti seleksi wajib mengisi formulir online di link ini.
  9. Mulai tanggal 11 Desember 2017, Seleksi Penulis Emerging Indonesia 2018 hanya menerima submisi karya dalam bentuk dokumen digital yang dapat diunggah melalui link ini. Ini dilakukan untuk mengurangi penggunaan kertas.

Batas akhir untuk pengiriman karya jatuh pada tanggal 28 Februari 2018. Nama penulis-penulis yang terpilih akan diumumkan pada akhir bulan Mei 2018.